Jenis-Jenis bentuk Penyajian Lisan :

Penyajian lisan atau kemampuan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Pendengaran menerima informasi melalui rangkaian nada, tekanan, dan penempatan persendian. Jika komunikasi berlangsung secara tatap muka, ditambah lagi dengan gerak tangan dan air muka (mimik) pembicara. Tujuan utama penyajian lisan ini adalah untuk berkomunikasi tentu tidak terlepas dari bagian mata pelajaran TIK.

Penyajian lisan ada bermacam-macam, diantaranya adalah :

-Pidato
-Khutbah
-Dakwah
-Diskusi
-Rapat
-Seminar
-Kongres
-Konferensi
-Simposium
-Ceramah
-Demo/ Unjuk rasa
-Persentasi
-Ngobrol

Salah satu dari bentuk penyajian lisan yaitu presentasi. Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin yang bertujuan untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu)

......................................................................................
......................................................................................

-> Contoh Bentuk Penyajian Lisan (Pidato) :

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA


Yang kami hormati Bapak Camat,
Bapak Lurah,
Bapak Carik,
Yang kami hormati Bapak-Bapak, Ibu-Ibu,
Hadirin dan hadirat,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh!

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah marilah kita bersama-sama mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada Allah Subhaanahu Wataala, yang telah memberikan nikmat dan berkah sehingga pada pagi ini kita bisa melaksanakan peringatan hari Sumpah Pemuda, yang dengan demikian merupakan kenikmatan tak terhingga karena sampai detik ini masih diberi kesempatan ikut serta berjuang membela bangsa dan Negara,dengan mengisi kemerdekaan Indonesia tercinta.
Hadirin hadirat yang mulia, sebagai generasi bangsa,penerus perjuanagan Kemerdekaan Indonesia tercinta,sudah selayaknya kita memperingati hari prnting ini, yakni Hari Sumpah Pemuda.
Dengan demikian kita akan senantiasa mampu menambah wawasan tantang citra persatuan dan kesatuan nasional,sebagaimana tercantum dalam hikmah Sumpah Pemuda itu sendiri.
Rasa persatuan dan kesatuan nasional tidak cukup hanya dengan mengadakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini justru kita jadikan cambuk untuk membuktikan diri kepada tanah air tercinta bahwa kita generasi baru Indonesia siap menjalankan pembangunan, siap membela dan menegakan Pancasila dan UUD’45, siap berkorban melestarikan dan memperjuangkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur mendahului kita.
Dalam kesempatan yang bebbahagia ini kami generasi pemuda Indonesi juga hendaknya bertekad, mempererat tali persaudaraan, tidak saja untuk urusan kemerdekaan ,namun juga untuk urusan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.kita tingkatkan jiwa dan raga kita sehingga tetap berkobar semangat pemuda kita. Tetap berkobar semangat perjuangan kita, tetap berkobar semangat pengabdian kita kepada nusa,bangsa,Negara dan agama.
Untuk itu marilah kita wujudkan persatuan kita dalam derap langkah yang lebih nyata. Derap langkah senantiasa berbangsa satu bangsa Indonesia,derap langkah senantiasa berbangsa satu bangsa Indonesia,derap langkah berbahasa satu bahasa Indonesia,serta mari kita tegakkan bendera kita merah putih sepanjang masa, kita kumandangkan lagu kebangsaan kita Indonesia Raya sepanjang hayat dikandung badan. Semoga Allah Subhaanahu Wataala senantiasa bersama kita, semoga Tuhan selalu memberikan kekuatan lahir batin kepada kita generasi muda untuk meneruskan cita-cita luhur pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur mendahului kita.
Hidup pemuda Indonesia,hidup bangsa Indonesia,Merdeka!
Akhirul kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh!


Tanggapan(komentar) :: menurut pendapat saya antara ceramah,pidato,Mc,seminar jelas berbeda sebab masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda,walaupun berbeda-beda tetapi fungsi dan kegunaannya hampir sama,yaitu sama-sama untuk memberikan informasi kepada masyarakat .

0 komentar: